Jumat, 06 Mei 2016

Pemuda ini Menembus Tahun 2559

Menembus Waktu?
Benarkah ada?
Ada. Bukan fiksi, ini kenyataan.

Jumat, 29 April 2016
Saya, Wahyu Liz Adaideaja, berangkat ke Thailand, dalam rangka piknik.
Jauh-jauh hari saya siapkan Kaos dengan disain "Sampek Ing Thai"
yang artinya "Sampai juga ke Thailand" plesetan legenda dari Tiongkok "Sampek Engtay"

Berangkat dari Solo bareng Mas Farid (traveler), kemudian di Soetta bertemu dengan Pak Azis (tradeveler), Bu Azis (tradevelerwati), dan Mbak Nur (enterpreneur). Kami adalah Rombongan Sampek IngThai

Memanfaatkan tiket promo Air Asia, akhirnya kami berlima terbang. Sampai Don Muang Bangkok sekitar jam 6 sore, tidak ada perbedaan waktu Jakarta-Bangkok.

Kami langsung pesan taksi, kemudian check in di Metro Pratunam Resort, 599 Phetchaburi Rd, Thanon Phaya Thai, Ratchathewi, Bangkok

Jam 19:50
Kami naik BTS (kereta Bangkok mass Transit System), dari Ratchathewi ke Saphan Taksin, Tempat Free Boat di Sungai Chao Phraya yang menuju Asiatique.

antri tuker koin, kemudian koinnya masukkan mesin jadi kartu
kartu masuk ke BTS, difoto pake Hape Samsung jam 19:57, 29 April 2016

Untuk ke Free Board kita ikuti petunjuk yang mengarah ke Sathorn Pier (Dermaga Taksin). Antri panjang. tapi asik naik kapal gratis 15 menit sambil menikmati gemerlap kota Bangkok.

BTS menuju Saphan Taksin
Kiri: antrian free boat di Sathorn Pier. Kanan: Sampai di Asiatique

belakang: Farid n Wahyu Liz, depan: Pak Azis, Bu Azis, Mbak Nur

Ini dia videonya.

floating on boat

Makan pertama di Thailand
makan makanan India. Lidah saya berasa kurang cocok, akhirnya ngemil ข้าวเหนียวมะม่วง / Khao Neeo Mamuang/ Mango Sticky Rice khas Bangkok, nah yang ini cocok.

ข้าวเหนียวมะม่วง

Jam 22: 30 balik ke hotel
Saya dan rombongan Sampek IngThai lanjut perjalanan menuju ke Palladium Night Market. Dari Hotel kami jalan kaki, lumayan bikin pegel tapi karena hati senang, maka rasanya seperti tak punya hutang.

dari 25ribu,- sampai 42ribuan difoto tgl 29 April 2016 jam 23:25
penjual ketan mangga kaki lima aja pake komputerisasi, canggih
Palladium Night Market

30 April 2559
Sudah inep satu malam, bangun-bangun sudah tahun 2559.
Tahun di Thailand saat ini adalah 2559, tahun ini didasarkan pada tanggal wafatnya Gautama Budha, 11 Maret 543 SM.

Seakan-akan menembus lorong waktu, perjalanan piknik menjadi makin menarik.

jam 8:30
Rombongan berangkat ke Jatujak Weekend Market. Pasar yang gedenya 3x Stadion Manahan Solo. Kami berangkat naik BTS lagi jurusan Mo Chit. Namanya weekend market, jadi adanya Sabtu-Minggu, namun ada juga kios yang buka dari hari Rabu. Dan sebagian lagi mulai hari Jumat.

Beli Ticket, tuker koin dulu
BTS / Skytrain
Di JJ Market -nama keren pasar ini- Saya belanja Decopaque Tissue dan peralatannya lengkap, untuk oleh-oleh orang di rumah.
Jadi oleh-olehnya bikin sendiri kerajinan dengan motif suka-suka sendiri. ada tas, dompet, dan wadah hape.

decoupaque untuk banyak aplikasi

Dikira udah lama tinggal di Bangkok
Mbak-mbak penjual decoupaque namanya Leena, nanya-nanya in English, intinya dia heran kenapa saya berbahasa Thailand. Dikira saya dah lama tinggal dan kerja di Bangkok.

Sebelum piknik saya banyak meng-Eksplore dan belajar tentang Thailand, juga belajar bahasanya.
Saya belajar lewatt buku dan media online

Muter Sampai Laper
Karena lapar melanda maka kami-pun berhenti belanja,
kami cari tempat makan, Halal Food. Dapetlah Malaysian Food. Waktu menunjukkan pukul 11:56 WIB (Waktu ing Bangkok)
Saya penasaran dengan Thai Tea, ternyata Teh pake Susu, tentu saya nggak doyan

Maem Ayam. Ayam Sorry, rasanya minta maap aja.. enak indomi rasa ayam :D

Satu Taksi Banyak Aksi
Kami berlima kemana mana naik taksi, dan cukup 1 taksi
Walhasil ada yang pangku-pangkunan, masing-masingpun sibuk sendiri-sendiri, ada yang telpon, ada yang ngobrol sama driver, saya motret-motret saja.
pangku-pangkunan

Jam 13:15 mulai jalan ke Old Siam sekitar 15 menit sampai di Old Siam Plaza. Bhurapa Road.

Fashion dan Food
Arsitekturnya Old Siam, kereen
Karena saya tidak begitu tertarik dengan kuliner, maka saya tidak akan membahasnya, yang pasti, di O Siam ini, keragaman kulinernya cantik dan beragam, mirip di Indonesia.

Jam 14:50 kami balik ke hotel.
Dan sekitar jam 17:00 kami sudah berada di Platinum Fashion Mall
Mall 4 lantai, bisa dibilang versi Indoor dari Chatucak Weekend Market.

Only aiii
Saya duduk-duduk menunggu yang sedang shopping, sambil nyari-nyari kopi di Platinum Food Court. Ternyata adanya "Only aiii" kata mbak-mbak pedagang di sana.
Only aii maksudnya only ice, cuma jualan ice
Cukup lama, sampai hampir jam 19

Platinum Food Court, 30 April 2016 jam 18:20
Buah yang langka
Saya cukup kegirangan karena mendapati ada duwet di sini, enak banget,
itu lho anggur ndeso yang kalau dimakan lidah kita jadi biru ala-ala jagoan neon.

Lanjut jalan ke Siam Paragon
dan Siam Center tentu saja.

Kuprit PIKNIK Pikirin yang Unik Unik, at Siam Paragon
belanja oleh-oleh

Videonya ada di sini

Belanja oleh-oleh
Kwaci biji semangka, tamarind yang manis, jeruk bangkok, dan banyak lagi buat dibawa pulang.
Jam 21 kami balik ke hotel, dan pengalaman antri taksi yang cukup panjang

Simak prosesi antri taksi di video ini

Jauh-jauh di Bangkok acara TVnya ini

iya, MNC pas muter Ayu Ting-Ting. Nangkep juga siaran MNC di Bangkok ya.
lumayan ada tontonan, sebab waktu muter tayngan TV nasional Thailand, ada film IronMan animasi, tapi didubbing bahasa Thailand.. ughh...
khop khun khraap..

Jam 23, istirahat...

Nah,
Bagaimana Petualangan selanjutnya,
simak cerita Kuprit selanjutnya, ada yang seru lho: